Kamis, 07 April 2016

Cerpen tentang pengalaman Praktek Kerja Lapangan


CINLOK PKL


Umur gue sekarang 17 kurang 1 bulan. Sekarang gue duduk dikelas 2 SMK. Orang bilang saat kita kelas satu kita jadi orang yang cari aman, pura-pura sopan, apa aja nurut dan cenderung takut sama kakak kelas. Sedangkan kalau ngomong kelas tiga itu cenderung masa bodo sama kelakuan adik kelas. Mereka lebih fokus sama ujian yang mau dihadapi. Dan orang bilang juga masa-masa yang membahagiakan, masa yang lagi songong-songongnya, masa dimana lagi luar biasanya, masa dimana benih cinta mulai merajalela yaitu saat kita duduk dikelas dua. Kelas diantara cari aman dan masa kefokusan. Di SMK ada salah satu program yang sering kita sebut PKL yaitu kepanjangan Praktek Kerja Lapangan. Dan gue merasakan hal itu. Saat masa pemilihan tempat PKL, gue galau mau PKL dimana. Setelah gue mantapkan diri dan memilih tempat yang gue jadiin tempat PKL, ternyata gue mengalami penolakan. Saat itu sakit hati gue.
Ada pepatah bilang sehabis gelap terbitlah terang. Saat gue lagi terpuruk akhirnya gue dapet tempat PKL-an. Walaupun bukan pilihan gue, tapi ini adalah awal cerita 17 tahun gue.
            Hari pertama PKL gue semangat banget. Semangat gue lagi berkobar kobarnya karena gue bisa bangun lebih siang dari biasanya jadi gue nggak ngerasa ngantuk kaya dikelas. Selain itu gue ngerasa bebas dari beban belajar malam dan bawa buku berat yang sering gue dan temen-temen keluhin. Rasanya gue ringan banget walaupun berat badan gue 60 kg tapi gue ngrasa lebih ringan dari segala rutinitas sekolah gue.
            Di tempat gue PKL gue dapet banyak temen baru yang sebelumnya belum pernah gue kenal ataupun gue temuin. Ada pak Tino, Pak Anjas, Bu Eni, mas Ahna, Mas Nova, Mas Agung, Mas Arif, Mba Saras, Mba Wati dan banyak lagi. Kebetulan bos yang punya perusahaan gue PKL, punya perusahaan dua dan pada waktu gue dan Uti dibutuhin gue PKL di perusaannya yang lain. Bisa dibilang gue kaya barang aja di bawa kesana kemari. Walaupun gue dan Uti PKL di dua tempat tapi gue ngrasa gak ada yang spesial di dua perusahaan tersebut. Semuanya sama aja. Mungkin bedanya saat gue ada di perusaan satu gue lebih banyak santai dan banyak hiburan, dan itu membuat gue ngerasa nyaman di sana. Kalo gue dan uti diperusaan yang dua lebih terjamin masalah makan tapi untuk masalah kebutuhan batiniahnya kurang paling kalo mah Ahnan yang lagi iseng-iseng buat lelocon yang buat kita bisa sedikit rileks dan itu pun Cuma beberapa detik aja karna suasana disana dingin semua. Pokoknya kalo untuk kebutuhan batininahnya gue lebih suka di perusahaan satu kalo untuk kebutuhan makannya gue lebih suka di perusahaan dua. Gitu deh rasanya.
            Hari-hari PKL, gue laluin bareng-bareng sama temen PKL gue, Uti. Seneng sedih gue laluin bareng-bareng sama temen baru gue ini. Mulai dari rok gue dan dia yang sobek, telat masuk, tangan yang pegel, kelaperan nungguin makanan dianter sama mas Ahnan, jadi pegawai ilegal yang harus disembunyiin kalo ada tamu penting dan banyak lagi. Itu semua jadi pengalaman yang gak akan gue lupain selama hidup gue. Gue lupa ngasih tau kalo gue itu anak jurusan akuntansi.
            Orang bilang anak AK itu yang paling pinter paling kalem dan paling semuanya. Tapi itu semua hanya berlaku disekolah. Kenapa gue bilang gitu, karna saat PKL anak AK lah yang paling apes. Anak TI mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan komputer dan mesinnya. Anak PM disekolah mempelajari bagaimana menata barang, malayani pembeli, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pemasaran. Anak AP, mereka mempelajari tentang semua hal yang sering dilakukan di kantor-kantor seperti membuat surat, menerima telepon dan lain-lain. Dan tiga jurusan itu mempelajari hal-hal yang semua orang tahu dan bukan hal yang rahasia. Sedangkan jurusan AK mempelajari hal-hal keuangan perusahaan yang merupakan rahasia perusahaan dan hanya orang-orang tertentu saja yang boleh tau. Hal ini yang membuat sebuah asumsi yang tidak enak setelah PKL selesai yaitu “ masa anak AK kerjanya foto copy, nulis-nulis gak ada membuat laporan keuangan atau jurnal”. Nah asumsi ini merupakan salah satu kata tradisi yang sulit untuk diubah dari jaman kakak kelas gue yang mungkin sekarang udah punya cucu. Ini diakibatkan perusahan tempat gue dan temen-temen senasib gue PKL melarang anak PKL buat tau hal-hal yang berhubungan sama akuntansi.
            Tapi keluar dari itu semua PKL anak AK tidak ada masalah. Mereka tetep enjoy dan punya cerita sendiri-sendiri tentang pengalaman PKL mereka. Kaya gue, mungkin udah takdir dari Tuhan buat gue ditolak tempat PKL pilihan gue dan mengganti tempat PKL yang membuat cerita manis dalam kehidupan gue.
            Bukan hal yang aneh saat kita PKL kita bertemu dengan banyak orang baru dengan berbagai karakter dan fisik yang berbeda. Itu terjadi sama gue dan Uti. Beberapa hari PKL gue beradaptasi sama karakter orang-orang yang ada disana. Satu minggu,  dua minggu gue ngerasain yang berbeda. Ada sesuatu yang membuat gue selalu terbayang wajah seseorang yang baru gue kenal saat PKL. Dia salah satu karyawan yang kerja di tempat gue PKL. Sebenarnya gak ada yang istimewa sama dia dan cinta tumbuh bukan karna ada yang spesial dari orang yang kita cintai.
            Rasa ini lama kelamaan semakin terasa dan mengganggu gue. Rasa ini sama persis sama rasa yang pernah gue rasaain sama kakak kelas gue yang namanya Putra. Tapi entah kenapa rasa suka gue sama Putra mulai melemah bahkan saat gue liat dia gue biasa aja sekarang.  Mungkin Mas Nova adalah alasan kenapa rasa cinta gue mulai ilang ke Putra. Uti temen PKL gue yang tau semua suka duka gue saat PKL pernah bilang “ apa yang lo suka sih dari dia?”. Dengan santai gue jawab gue suka dia saat dia gue liat dia sholat di masjid. Saat itu hati gue bergetar saat liat dia. Fisik menurut gue no sekian, yang penting agamanya. Itu juga pesen dari salah satu guru gue.
            Masa pendekatan gue dimulai dari cari akun facebooknya dia dan gue add dia. Rasa bahagia gue bertambah saat di menerima pertemanan gue. Kebahagiaan gue berlanjut saat gue nginbok dia. Sebenarnya jika disebut ini modus bukan juga. Gue nginbok dia dikarenakan hal yang terpaksa tentang absensi PKL gue. Dan dia pun ngerespon dan njawab gue. Dan disitu gue mulai ramah sama dia. Gue udah bisa senyum sama dia. Udah bisa nyapa walau hanya satu kata. ini yang menghambat gue kenalan sama dia, dia itu gak sentuhan sama cewe dan ngomongnya seperlunya aja, beda sama Mas Ahnan. Mas Ahnan itu bisa buat suasana rileks, asik buat ngobrol, lucu, dan dia kebapaan banget.
            Dan gak beberapa lama gue ngeliatin kronologi dia, ndownload foto profilnya dia dan banyak hal kekanak-kanakan yang gue lakuin. Dan semua itu berubah seketika, saat gue ngeliat sebuah postingan yang isinya gambar seorang wanita berkerudung. Sebenarnya gambarnya biasa kaya gambar biasanya, tapi ada salah satu sisi dari gambar itu yang membuat mata gue mulai berair. Inisial “J”. Dan saat gue baca komenan temen dia, ada sebuah nama yang tertulis dan dia pun tidak menyangkalnya. “Julia” siapa dia? Apakah dia kekasihnya? Apakah dia yang sedang dekat dengannya? Apa dia yang dia suka?
Banyak pertanyaan yang muncul di hati gue. Gue mulai berkaca pada diri gue apa gue pantes buat dia? Dan gue berfikir gue ini hanya anak kecil yang lagi cinta monyet aja. Gue ini bagai puguk merindukan bulan.Dan hati gue mulai melemah.  Sebenarnya sakit banget hati gue. Tapi gue berprinsip air mata gue gak akan gue jatuhin buat orang yang gak mandang gue, dan melirikpun tidak. Gue pernah berfikiran buat menyatakan perasaan gue sama dia. Tapi hati gue gak kuat buat menerima penolakan. Gue masih lemah buat ngrasain sakit hati. Gue ngerasa jadi cewe terbodoh sedunia. Seorang cewe yang menyukai kakak kelasnya dan mencoba berhanyal untuk bersamanya. Seorang cewe yang di lirik aja enggak berharap untuk diterima. Gue putuskan mulai saat ini gue coba ngelupain sedikit demi sedikit rasa gue dan harapan gue. Mumpung baru mulai menyukai dan belum sampai jatuh hati.
            Mungkin lo menganggap gue ini cupu, culun, nora, gak gaul dan apalah kata-kata yang kalian ucapin kegue terserah, gue emang gini orangnya. Banyak orang gue suka tapi hanya sedikit yang bisa buat gue ngerasa nyaman, senyum-senyum sendiri saat sendiri dan sulit buat ngilangin bayangannya di mata gue. Mungkin bukan saatnya gue ngerasain ini, tapi bukan gue yang mau kayak gini. Rasa ini hadir karna Tuhan dan Tuhan juga yang akan ngilanginnya jika dia bukan jodoh gue.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar